Jalan Jalan Keliling Penang Sampai Pening

Punya grup wa yg isinya banyak travellernya membuat informasi dan godaan juga banyak. Termasuk info tiket murah. Dari seorang teman di group whatsapp akhirnya saya mendapat promo Airasia. Tanggal 25 Feb 2016 berangkatlah kami, lumayanlah 600rb pp 😆 andai ke Sorong ada harga segitu pasti hari ini saya ceritanya Raja Ampat hehehe😂.

FLY WITH ME

Tanggal 25 saya tiba jam 9an pagi di KLIA2 dan naik KA Rapid express ke KL Sentral(cuma 30 menit saja tapi bayarnya RM55, lumayan mahal, kalau Bus sih cm RM11 tapi 2 jam😂). Dr KL Sentral kami menuju Bukit Bintang dan menginap semalam di Le Apple Boutique Bukit Bintang. Hotelnya bagus, wifi, AC, Hot water, TV cable dan amenities lengkap dengan harga under USD50, worth it lah(kalau mau yang lebih murah sih ada juga di hotel lain yang kelas backpacker tapi kamar mandi diluar).

LE APPLE BUKIT BINTANG

Karena sudah pernah keliling KL jadi agendanya cuma foto-foto cantik di bukit bintang, cariin lisptik dan make up lainnya buat anak abg saya. Sore baru ke Mal Suria buat ngambil Time Lapse video water fountainnya, foto-foto dan dinner.

GA BISA JAUH DARI MAKANAN INDONESIA

Tanggal 26 Feb pagi baru pergi ke Penang lewat Butterworth.
Saya naik bus dari KL Sentral, tadinya sih mau pakai Kereta tapi ternyata semua tiket sudah habis, padahal kalau pakai kereta 3 jam saja
Sementara perjalanan saya memakan waktu 5-6 jam 😨 pake bus. Ini aja jalannya mulus banget, ga ada lobang dan besar. Bus disini juga nyaman. Memang jalan jalan di Malaysia sepertinya kualitasnya bagus bagus. Lumayan lama sih tapi disinilah saya berjumpa dengan orang orang baru. Ada kakek kakek Jepang yang kegiatannya keliling Asia sambil ngajar karate dan main band, keren yak.

SI KAKEK NYENTRIK

Setiba di Hotel jam 3 siang, saya menginap di Neo Penang yang letaknya di pinggiran georgetown dan istirahat sebentar lalu lanjut late lunch dan jalan2 pakai hop on and hop off 24 jam. Karena saya mau ambil time lapse video jadi naik diatas dan duduk didepan mengelilingi kota baru malamnya jalan jalan dan cari makan di area Padang Lama. Padang lama itu areanya pinggir pantai, saya makan makanan khas penang, bermacam-macam seafood dan gorengan seafood lalu dikasih kuah kacang, ada udang, sotong, bakwan udang dsb.

PEMANDANGAN DARI KOLAM RENANG NEOTEL PENANG

HOP ON HOP OFF BUS

27 Feb baru saya ke tempat cagar alam penang. Berhubung masih pakai bus Hop on Hop off saya mampir ke beberapa Temple dulu karena rute bus hoppingnya melewati 2 temple yang menarik.

STANDING BUDHA

THAI BUDDHIST TEMPLE

SLEEPING BUDHA TEMPLE FROM OUTSIDE

SLEEPING BUDHA

Dari temple kita baru melanjutkan perjalanan ke cagar alam. Waktu untuk explore di Cagar Alamnya sendiri kalau mau lengkap sekitar 4 jam lah bolak balik jalan santai. Di entrance sudah ada peta yang menunjukkan tempat yang patut dikunjungi di Cagar Alam tersebut berikut perkiraan waktu tempuhnya
berhubung hari itu saya jadi lazy traveller dan buat saya tempat tempatnya saya bisa jumpai juga di Indonesia, walhasil kita foto-foto didepannya saja dan dipantai lalu naik bus hop on hop off lagi dan melewati beberapa objek wisata lalu pulang melewati Ferringi Beach. Buat saya sih pantai pantai di belitung atau banyuwangi lebih keren cuma lebih jauh saja jaraknya. Di perjalanan pulang kita turun di Miami Beach untuk foto sebentar

ON THE BUS OPEN DECK

FERINGI BEACH

Sore baru saya ke Temple Hill(perjuangan 500an anak tangga). Temple Hill adalah kuil India yang terletak di bukit, banyak orang India yang datang dan berdoa disini. Bagi orang yang beribadah mereka sudah melepas alas kaki dari bawah dan naik tangga tanpa menggunakan alaskaki. Karena lumayan tinggi di railing tangga banyak dipasang pasang tulisan motivasi yang menarik, jadi saya naik tangga sambil baca tulisan tersebut sambil istirahat sebentar. Ketika tiba diatas kita juga bisa melihat kota penang dari ketinggian.

HILL TEMPLE

VIEW FROM INSIDE TEMPLE HILL

Kita lalu lanjut ke Penang Hill, bagusnya sih sore kesini jadi bisa liat pemandangan panorama sore dan malam. Naik ke Penang Hill melalui Kereta Gantung yang disediakan dan memakai Entrance Fee. Kita naik ke bukit dan melalui jalur yang memang sudah ada dari jaman penjajahan. Disana juga ada beberapa Cafe jadi kita bisa sambil ngeteh cantik atau romantic dinner di Penang Hill ini.

VIEW FROM PENANG HILLS

PENANG FROM THE HILL

TEATIME

PENANG AT NIGHT

Dari sana kita lanjut ke Temple Kek Lok Si, karena baru saja selesai imlek jadi si temple masih bersolek dengan warna warni lampunya. Indah sekali dilihat dari kejauhan di malam hari. Temple ini juga cukup besar sehingga saya harus terburu buru menjelajahinya berhubung sudah mau tutup.

KEK LOK SEE TEMPLE

INSIDE THE TEMPLE

KEK LOK SEE TEMPLE AT NIGHT

Besoknya tanggal 28 kita pergi ke Cheong Fatt Tze House atau lebih dikenal dengan nama Blue Mansion. Blue Mansion adalah bekas rumah salah satu orang terkaya di Asia yang bernama Cheong Fatt Tze dan didirikan di akhir abad 19. Dia berasal dari Hakka dan memulai hidupnya dari miskin di tahun 1856 dia baru berumur 16 tahun, peruntungannya baru dimulai ketika dia mengadu nasib di Indonesia dan menjadi penjual air bersih keliling. Karena keuletannya akhirnya dia dinikahkan dengan anak majikannya lalu dia memulai bisnis di Indonesia sampai akhirnya dia berhasil melebarkan sayapnya dan mempunyai bisnis di berbagai negara di asia. Dan sempat menjadi menteri di China karena jasanya mengembangkan perekonomian China. Kemakmurannya juga yang akhirnya memungkinkan dia mempunyai 7 rumah yang didiami oleh 7 istrinya. Dan Blue Mansion ditinggali oleh istri terakhirnya yang paling dia sayangi(kasihan ya istri pertamanya😣).

GEBYOK EMAS

RUANG TENGAH

Setelah dari Blue Mansion saya mengelilingi Georgetown dengan sepeda. Disana ada mural mural unik yang dijadikan objek foto bagi para turis. Memang sih mereka pintar mengemas sedikit saja kelebihan dari kota mereka untuk dijadikan daya tarik tersendiri bagi para turis, padahal kalau dilihat sih kita juga bisa dan mungkin sudah ada mural-mural yang lebih keren hanya tidak terdata dan tidak masuk ke tourist map seperti di Penang.

3 Dimensi Mural

Kita bisa bersepeda santai dan foto foto sekitar kota saja sambil menunggu bis malam untuk KL Sentral. Penang adalah kota Heritage jadi banyak tempat tempat menarik yang bisa dikunjungi. Keberagaman etnik antara Melayu, China dan India membuat tiap sudut kota lekat dengan kebudayaan masyarakat yang tinggal disana.

Setelah puas main sepeda kita kembali ke hotel untuk mengambil barang barang yang sudah dititipkan terlebih dahulu di concierge sekalian numpang mandi di shower room pool mereka(terimakasih ya Neo, kalian baik sekali😊). Sesudah itu kami makan malam dan berangkat ke tempat kami beli tiket bus untuk menuju KL Sentral.

Berangkat jam 12 malam kami tiba jam 4.30 pagi di KL Sentral. Disana untung sudah ada teman saya Lala dari Jakarta bersama teman temannya yang juga kebetulan berlibur di Kualalumpur sesudah mereka ke Malaka. Saya numpang mandi di Hotel Lala sambil taruh barang lalu kita jadi tour leader kagetan deh, membawa rombongan Indonesia berbelanja oleh oleh di Pasar Seni dan China Town.

Ada beberapa tips buat yang ingin ke Malacca dan Penang sekaligus:

1. Beli Tiket kereta jauh hari sebelumnya atau kamu bakal tidak kebagian.
    At least seminggu sebelumnya lah. Alasan saya tidak beli waktu itu adalah takut ketinggalan kereta jadi saya pikir lebih baik beli on arrival di station. Salah besar ternyataaaa😨. Akhirnya saya terpaksa naik bus yang jam 9 pagi dan tiba sekitar jam 3 sore di Hotel. Padahal kalau naik kereta jam 7 jam 11 siang sudah sampai di Penang.

2. Kalau mau irit menginap dan ingin explore beberapa kota rutenya bisa begini:
    D1: Ambil pesawat pagi tiba di KLIA lalu langsung ke Malaka. Di Malaka langsung titip koper atau ransel di hotel anda menginap karena kalau tiba jam 9 paling sampai malaka jam 11 dan belum boleh check in. Keliling Malaka yang jauh jauh dulu biar besoknya tinggal yang dekat-dekat hotel saja. Tempat wisata di Malaka banyak yang mengumpul di satu area jadi disarankan menginap di sekitar Jonker Street atau Red square.

D2: Jalan-jalan di Malaka lagi, titipkan bagasi di hotel sementara anda jalan2 sesudah check out. Cari bis menuju butterworth or penang yang malam sehingga bisa tiba pagi di Penang dan kamu irit bayar hotel 1 malam, brilyan kan 🙂 tiket bus sekitar rm40-70 per orang tergantung bisnya. Tidur di bus

D3: Jika anda ke Penang melalui butterworth ada shuttle gratis depan stasiun KA yang akan mengantar anda ke pintu masuk ferry. Dari situ cuma bayar RM1 per orang untuk menyebrang ke feŕry. Menyeberang sebentar saja, mungkin tidak lebih dari 30menit. Baru setiba di Penang cari hotel anda, saran saya menginap di daerah Georgetown sekitaran tempat wisata sana. Lalu mulai explore yang jauh2 dulu by bus. Anda bisa langsung ke beach Feringi atau Cagar Alam sana. Keliling daerah sana sekitar 5-6jam santai. Pulangnya bisa mampir Temple Hill, dan Penang Hill, jika sempat juga bisa mengunjungi Temple Kek Lot see untuk foto waktu malam karena bagus sekali lampu2 viharanya ketika malam.

D4: Jalan jalan sekitar Georgetown, jika sudah semua didatangi atau dirasa cukup anda bisa ambil bus malam sekitar jam 11-12an malam ke KL sentral, tidur di Bus. Oya saran saya jika anda pergi ramai2 sekitar 3-4 orang, lebih baik naik uber karena murah dan jarak rata2 tidak terlalu jauh pakai mobil cm tidak bisa jalan kaki juga. Naik hop on Bus 24 jam sekitar 45RM kalau berdua RM90 sedang sewa motor sekitar RM100. Kalau iseng bisa naik Hop on of yg single trip RM20 tp jangan turun2 sampai balik lagi ke tujuan semula, foto2 dari atas aja atau naik sepeda jika sering berhenti untum foto foto cantik. Naik Uber selama saya disini dr Miami Beach – Gurney Drive dan Hill temple – Penang Hill – Kok temple – hotel RM36 saja, dikali Rp3200 cm sekitar 110rb, kalau berempat kan murah tuh.

D5: Tiba di KL Sentral pagi, bisa jalan jalan dulu di bukit bintang dan sekitarnya kalau pesawat sore atau malam. Lalu kembali deh dan jangan lupa mulai menabung untuk perjalanan berikutnya.

Iklan

2 responses to “Jalan Jalan Keliling Penang Sampai Pening

1. menarik sekali membacanya.. boleh tanya mbak?
    kebetulan September nanti saya ke Penang, pengen tahu transportasi menuju Temple Hill, lalu dari Temple Hill ke Penang Hill.. Lau setelah dari Penang Hill untuk balik ke Goerge Town pakai bus atau taxi?