Wisata komplit di Penang Malaysia

Beberapa kali mengunjungi KL, saya tidak terbersit untuk mencoba travelling ke Penang, tapi kali ini, saya ingin tahu seperti apa Penang. Sehingga tahun ini jadwal liburan ke Malaysia saya selain Kuala Lumpur adalah Penang.

Hari Pertama tiba di KL, saya menginap di kawasan Bukit Bintang, kawasan yang menurut saya kekinian dan banyak kehidupan malam disana. Sehari di KL, perjalanan dilanjutkan menuju ke Penang, saat itu karena tiket kereta sudah habis, akhirnya perjalanan ke Penang menggunakan Bus. Berangkat pagi kami menuju ke Penang, tujuan kami ke Butterworth lalu dari Butterworth dilanjutkan menggunakan kapal Ferry menuju George Town Penang. Perjalanan KL-Butterworth sendiri memakan waktu 5 jam, lalu menyeberang ferry sekitar 1 jam.

Selat Butterworth menuju George Town Penang

Setelah Sampai di Penang, kami bersiap untuk mengelilingi Penang. Awal masuk kota ini saya sudah bergumam, kepulauan ini sangat rapi, kotanya bersih dan kultur yang kuat di kota ini. Untuk lebih mudah transportasi selama di Penang saya menggunakan Bus yang berbayar Hop On Hop Off, dengan membayar 45 ringgit kita bisa naik kapan saya selama 24 jam, dan bisa mengelilingi seluruh sudut kota penang. Hop on Hop Off ini memiliki 2 rute yaitu “City Route” dan “Beach route”

Setelah hari pertama mengelilingi kota Penang dan tahu tempat apa saja yang akan di kunjungi besoknya. perjalanan hari pertama ditutup dengan makan malam di food court di kawasan Padang lama yang banyak menyajikan makanan khas Malaysia dan khas India serta khas China.

Penang Street Art

Hari Ke-2 perjalanan sudah ditentukan, perjalanan pertama kita akan naik Hop On Hop Off “Beach Route” dari Jalan penang George Town, kita menaiki “city Route” yang akan pindah ke jalur “Beach route”. Titik perhentian pertama adalah taman nasional yang berada di ujung kota Penang.  Setalah lelah perjalanan kedua menuju Miami beach, pantai yang mirip dengan pantai di Belitung yang banyak batu di pinggirnya. Setelah puas berfoto perjalanan dilanjutkan menuju Indian Temple. Kuil India yang memiliki 550 anak tangga ini membuat kita seperti berolahraga untuk mencapai kuil megah di atas bukit.

Indian Temple Penang

Perjalanan dilanjutkan ke bukit bendera atau dikenal dengan Penang Hill. Lokasi ini mungkin menjadi tempat wisata favorit saya. karena tempatnya yang dingin dan indah, serta ada cafe yang membuat kita nyaman saat berada disini. naik ke ketinggian 700 m diatas laut menggunakan kereta. disini kita diminta membayar sekitar 30 ringgit untuk wisatawan asing. Disini kalian bisa melihat kota Penang di sudut manapun.

Kota penang dilihat dari Penang Hill

Waktu sudah mulai beranjak malam. selanjutnya perjalanan ke temple ke lok Si. temple ini cukup besar dan banyak lampion yang menyala membuat keindahan Kuil ini semakin terlihat. karena malam semakin larut akhirnya saya kembali ke hotel di kawasan Georgo town.

Hari ke-3 kita akan menjelajahi wisata di dalam kota. tujuan pertama adalah ke Cheong Fatt Tze Mansion, rumah china kuno yang indah dengan arsitektur yang masih asli. disini kita membayar sekitar 17.5 ringgit untuk dapat melihat dalam rumah Cheong Fatt Tze.

Kuil Ke Lok Tze yang indah dengan banyak lampion

Setelah lelah berkeliling, saya melanjutkan ke George Town untuk menikmati Street art di kawasan ini. banyak area yang di jadikan street art sehingga kita dapat berfoto dan berkeliling di kawasan ini. karena kawasan yang cukup luas, saya menyewa sepeda dengan harga sewa 10 ringgit yang sepeda nya bisa dipakai sepuasnya. setelah lelah berfoto dan bersepeda.akhirnya kami melanjutkan kembali ke hotel dan malam itu kami akan melanjutkan perjalanan ke KL lagi untuk kembali ke Indonesia.