Tips dan Trik Memilih Tempat Menginap Pada Saat Liburan di Bali

15 tahun tinggal di Bali membuat teman-teman saya yang tinggal di daerah lain mengira saya adalah orang yang tepat untuk ditanyakan mengenai tempat menginap padahal yang baik menurut saya belum tentu tepat dengan tujuan mereka menginap. Jadi biasanya saya akan bertanya beberapa hal sebelum membantu mereka menemukan penginapan yang tepat.

Berikut hal-hal yang menurut saya harus diperhatikan ketika memilih tempat menginap:

1. Area Aktivitas Utama di Daerah Tujuan

Pilih tempat menginap di tempat anda banyak melakukan aktivitas, misalnya bila pada saat liburan ke Bali akan banyak jalan-jalan di Pantai Kuta, makan di Hard Rock Cafe, Wisata Kuliner pinggir Jalan dan belanja di Pasar Desa Adat maka menginap di Hotel sepanjang Pantai Kuta akan sangat tepat buat anda, sebaliknya bila lebih ingin hura-hura menikmati kehidupan malam tapi dengan budget murah maka menginap di Daerah Legian akan lebih tepat. Bila anda datang untuk bisnis dan kebanyakan relasi yang harus anda temui di daerah Denpasar tapi juga tidak ingin terlalu jauh dari tempat wisata maka anda bisa memilih daerah Teuku Umar atau Bypass Sanur, tergantung mana yang lebih dekat. Bila anda keliling Bali dengan porsi yang sama ada baiknya anda memilih hotel didaerah bypass atau sunset road agar mudah kemana-mana.

2. Orang Yang Bersama Anda. 

  • Berlibur Bersama Keluarga 

Bila anda berlibur dengan anak-anak dan punya budget ekstra, lebih baik memilih hotel dengan fasilitas untuk anak-anak atau minimal mempunyai kolam renang. Tiap-tiap daerah mempunyai standar yang berbeda untuk hotel yang berbintang, bila anda di Bali maka rata-rata hotel bintang 3 sudah mempunyai kolam renang dan fasilitas yang cukup bagus. Hotel Bintang 4 dan bintang 5 sudah mempunyai area bermain khusus untuk anak-anak. Bila anda mempunyai budget yang terbatas dan berkunjung ke daerah pantai usahakan menginap di tempat yang dekat dengan pantai sehingga anda bisa menikmati berjalan kaki dengan anak-anak anda ke pantai(biasanya harga hotel budget dekat pantai lebih mahal tapi bila anda tidak membawa transportasi sendiri anda bisa menghemat di transportasi dan lebih praktis). Bila anda menginap dengan orang tua anda yang berumur perhatikan apakah hotel tempat anda menginap mempunyai Lift, apakah jalan masuk ke hotel dan kamar mempunyai undakan.

Hotel untuk Keluarga: Hard Rock Hotel, Harris Kuta Beach, Club Med, Trans Hotel Bali

Kids Club Trans Hotel Bali

  • Honeymooner

Bulan Madu adalah waktu yang istimewa, bila budget berlebih maka anda bisa memilih Villa with private pool agar lebih bisa menikmati waktu intim anda. Bila menyukai daerah sejuk saya biasa menyarankan daerah Ubud atau Bedugul yang lebih jauh, tapi bila anda penyuka pantai dan keramaian maka Daerah Seminyak, Canggu, Sanur bisa menjadi pilihan. Atau daerah Jimbaran dan Nusadua untuk keindahan Pantai dan ketenangan lingkungannya.   Honeymoon Villa: Ubud: Pitamaha , Maya Ubud, Ziva VillaZiva Vila Bali

  • Bersama Teman-Teman

Dengan budget yang terbatas anda bisa mencari hotel yang mempunyai family room atau bunk hotel, anda bisa mempunyai malam seru sekamar dengan teman-teman anda. Bila bersedia membayar lebih, silahkan coba menginap di private villa dengan 2-6 bedroom, anda bisa mempunyai pesta pribadi yang seru!

3. Makanan

Bila anda memilih tempat menginap berikut makan pagi dan anda sangat memperhatikan kehalalan makanan anda, anda bisa bertanya apakah restaurant di hotel itu mempunyai sertifikat halal atau tidak mempunyai menu Pork dalam semua menu mereka. Ada beberapa hotel yang mempunyai tempat masak yang halal dan yang tidak terpisah juga. Bila ragu lebih baik memesan hotel tanpa breakfast.

Beberapa Hotel dengan menu atau sertifikat halal di Bali:

  • Kuta dan Legian Area: Wina Holiday Villa Kuta Bali, Grand Inna Kuta, Alam Kulkul, Harmoni Hotel
  • Nusadua Area               : Nusadua Beach Hotel Bali
  • Ubud                               : Bhuwana Hotel Ubud

Oxtail Soup Trans Hotel

4. Transportasi 

Bila anda menginap di daerah gang kecil atau daerah macet, menyewa motor bisa menjadi pilihan, apabila ingin lebih bebas kemana-mana dan berhenti dimana-mana. Atau bila ingin mencoba pengalaman baru, tidak ada salahnya ada mencoba transportasi umum

Halte Bus Sarbagita

5. Cara Memilih dan Membeli di Mana? 

Begitu banyak Hotel yang tersedia di Bali saat ini, setelah anda menentukan hal-hal diatas, jangan lupa untuk membandingkan gambar, fasilitas dan lihat review hotel bersangkutan di Tripadvisor. Saat ini banyak situs travel online yang bisa anda bandingkan, jangan lupa juga untuk membandingkan dengan situs hotel atau dengan harga di Travel Agent Langganan anda untuk harga yang terbaik.

6. Nikmati Liburan Anda. 

Apapun hotel anda, atau bila anda sudah tiba dan merasa tidak suka dengan hotelnya, daripada mengeluh sendiri, ada baiknya ada bertemu dengan manager hotel untuk menyampaikan langsung keluhan anda, siapa tahu mereka bisa membantu anda. Bila sudah tidak ada yang bisa dilakukan, coba nikmati liburan anda tanpa mengingat masalah-masalah kecil, karena kunci kebahagiaan berlibur ada dalam diri anda sendiri.

Pelabuhan Menjangan

Iklan

2 responses to “Tips dan Trik Memilih Tempat Menginap Pada Saat Liburan di Bali

  1. Kalau mau menjangkau seluruh Bali, nginap dimana ya? Dan bisa kasih masukan gak?
    Rencana sabtu jam 5 sampai Bali itu langng kemana ya? Terus hari ke2 yg searah, ke3 Dan ()ke 4 balik lagi jam 9 malam…

    Kalau ada masukan terima kasih banget.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s