Menjelajah Keindahan Wisata Pulau Lombok

Akhirnya saya kembali lagi ke pulau indah Lombok untuk kesekian kalinya. Tanggal 16 Januari kemarin, saya dan teman-teman dari Bali berangkat ke Lombok untuk workcation (istilah kami untuk kerja sambil liburan).

Bersama Desmo dan Naila menjelajahi Lombok

Sebagian mengurus pembukaan tour counter mereka di Senggigi dan saya mengunjungi objek wisata di Senggigi sekaligus meeting dengan beberapa hotel disana. Berangkat jam 6 sore ke pelabuhan Gilimanuk, perjalanan menuju pelabuhan memakan waktu 3 jam santai. Sampai di pelabuhan kita makan malam dan langsung naik Kapal Ferry. Sebenarnya Bali ke Lombok bisa ditempuh dengan Pesawat selama 30 menit mendarat di Airport Kuta Lombok(harga tiket sekitar 600rb-4jt pp), Fast Boat 2 Jam turun di Senggigi/Gili (600rb pp), dan naik Ferry dari Pelabuhan Gilimanuk 5 jam turun di Pelabuhan Lembar Lombok, agar tidak lelah kami menyewakamar ABK dengan tarif sekitar 50rb rupiah(berisi 2 tempat tidur tingkat dengan kipas angin)sehingga bisa tidur.

Fast Boat Semaya Cruise

Naik Fast Boat dan Ferry harus dari pelabuhan Gilimanuk(sekitar 2-3 Jam dari Jimbaran/Kuta), sedangkan pesawat bisa melalui Airport NgurahRai/dari Jakarta juga ada pesawat langsung ke Airport di Lombok). Jadi pemilihan alat transportasi juga bisa berdasarkan dimana tempat kita tinggal agar lebih memudahkan menuju hotel, dikarenakan di Lombok antara pusat wisata satu dan lainnya terletak cukup jauh dijangkau dengan mobil.

Saya tiba jam 2.30 pagi dan dijemput oleh rent car mobil langsung menuju penginapan Cabana di kota Mataram di jalanAbimanyu, karena dinihari perjalanan dari lembar ke Mataram hanya memakan waktu 30 menit. Cukup terkejut dengan tarif lumayan terjangkau(300-350rb per malam) saya mendapat kamar bersih dengan AC, Wifi , TV cable, kamar mandi shower dengan air panas dan tidak lupa Sarapan pagi a la carte untuk 2 orang. Jadi sisa pagi saya lanjutkan dengan tidur lebih nyenyak.

Pemandangan Menuju Pantai Cemeti

Keesokan harinya saya dijemput dengan teman saya yang kebetulan operator travel agent di Lombok Al Karim.Karena ini bukan kunjungan pertama saya ke Lombok, maka saya mengunjungi hanya tempat-tempat yang belum pernah saya kunjungi. Hari itu saya diantar mengunjungi Air terjun di Kaki Gunung Rinjani dan Pantai-Pantai di sepanjang kawasan Lombok Tengah.

Segarnya mandi di Air terjun Benang Kelambu - Lombok

Segarnya mandi di Air terjun Benang Kelambu – Lombok

Perjalanan dari Mataram ke Air Terjun Kelambu dan Benang Stolken memakan waktu sekitar 45 menit. Dari tempatmasuk wisata menuju Air Terjun Kelambu kita harus berjalan kaki agak jauh dan mendaki, alternative lainnya menggunakan ojek motor, saya memilih ngojek dan lalu dilanjutkan menaiki anak tangga. Dinamakan Air terjun Kelambu karena air terjunnya terdiri dari beberapa mata air yang berderetan mirip seperti tirai atau kelambu, tersedia juga kolam renang dari mata air disana untuk pengunjung berenang. Sesudah itu kami kembali ke Pintu masuk wisata dan berjalan setapak ke Air Terjun Benang Stokel, kata pemandunya pernah juga dijadikan shooting acara wisata di salah satu tv. Disebut Air TerjunBenangStokel karena kata orang-orang tua dulu mirip gulungan benang Stokel.

Menikmati Keindahan Pantai Tanjung Aan Lombok

Sesudah dari Air Terjun kami melanjutkan perjalanan ke Area Kuta. Disana saya berjemur dan berenang di Pantai Tanjung Aan dengan pemandangan Batu Payung di seberangnya. Sesudahnya kami ingin mengunjungi Pink Beach, sayang cuaca tidak bagus untuk menyeberang sehingga kami lalu mengunjungi Pantai Selong Belanak untuk mengabadikan Sunset.

Sunset di Selong Belanak Beach

Setelah sunset di Selong Belanak kami pulang ke Mataram, sebelumnya tidak lupa makan malam di Warung Ayam Taliwang pertama di Mataram, Kedai Taliwang Irama di seberang Bioskop Irama. Satu porsi seharga 50rb bisa dinikmati oleh 2 orang.

Warung Ayam Taliwang Pertama di Kota Mataram Lombok

Esok harinya saya pergi dengan teman-teman ke Pantai Cemeti di daerah Lombok tengah, Kuta.Pantai ini juga disebut Pantai Krypton karena batu-batunya seperti Krypton yang di film Superman. Setelah itu kami makan di Pelabuhan Lembar dan lanjut ke Senggigi, disana kami menginap di Hotel Santosa Senggigi.Dan keesokan pagi kami langsung balik ke Bali dengan menggunakan kapal Fast Boat jam 11 pagi dari Senggigi.