Giovita: Seorang Pramugari yang Berharap Profesinya Tidak Dianggap Sebelah Mata.

Setalah mewawancara banyak traveler Indonesia, baik yang sudah ke 5 benua, maupun yang hobby traveling di wilayah Indonesia, akhirnya ngobroltravel berkesempatan untuk mewawancara pramugari dari maskapai penerbangan Garuda Indonesia, apa pendapat Giovita Lim tentang dunia traveling. simak wawancara serunya dibawah ini
Vita dengan seragam kebesarannya, sebagai Pramugari airlines Garuda Indonesia

Vita dengan seragam kebesarannya, sebagai Pramugari airlines Garuda Indonesia

Kamu berprofesi sebagai Pramugari sejak kapan sih? dan di Maskapai penerbangan apa?
Aku mulai aktif melakukan profesi sebagai pramugari sejak bulan Mei 2013. Masih baru banget, rank nya masih Junior, hehehe. Aku di maskapai Garuda Indonesia
Menjadi Pramugari kan resikonya besar, kenapa kamu mau memilih profesi ini?
Kalau ngomongin masalah resiko, pekerjaan apapun aku rasa punya resiko masing2. Resiko bisa terjadi dimana aja, bukan cuman di udara. Dan kalau di teliti lebih lanjut, kantorku (yaitu pesawat) adalah alat transportasi paling aman. Bandingin aja sama kecelakaan motor atau mobil, yang hampir tiap hari kita lihat di berita. Cuman, kalau ada suatu ‘kejadian’ di pesawat kan menyangkut nyawa banyak orang, makanya orang-orang bilang pekerjaan ini beresiko tinggi.
Kalau aku waktu memutuskan mau jadi pramugari gak terlalu mikirin resikonya sih. Aku lebih mikirin ke hal-hal yang menyenangkan, mengenal dunia airlines yang aku sama sekali gak paham awalnya, mengenal berbagai macam orang, ke tempat-tempat yang aku belum pernah datangin. Itu yang aku tekankan.
Selama aku menjalani profesi ini, banyak berita tentang kecelakaankecelakaan pesawat, mulai dari Malaysian Airlines, Air Asia, dll. Aku berusaha sebisa mungkin menghindari berita2 tersebut. Cukup tahu itu harus, supaya nyambung diajak ngomong penumpang dan orang-orang. Tapi aku gak mau mensugesti diri aku dengan kejadian-kejadian yang orang-orang bilang musibah tersebut, supaya waktu aku terbang aku tetap bisa melakukan tugas dengan baik.
Satu alasan lagi, yang baru aku sadari sekarang, dengan profesi ini aku jadi lebih bergantung sama Tuhan. Terbang dengan berkali-kali take off dan landing hampir tiap hari bikin kita berserah diri. Itu yang selalu diingatkan orang tuaku, supaya jangan lupa berdoa tiap kali mau take off, dan bersyukur setiap kali landing.
vita di Taman Bungkul, Surabaya.

vita di Taman Bungkul, Surabaya.

Sejak menjadi pramugari sudah berapa kota yang kamu singgahi baik yang di Indonesia dan di luar negeri?
Sejak jadi pramugari, lumayan banyak tempat yang aku singgahi. Dalam negeri mulai dari Aceh, Medan, Pekanbaru, Palembang, Jambi, Batam, Bandung, Yogjakarta, Surabaya, Solo, Semarang, Bali, Lombok, Kupang, Pontianak, Banjarmasin, Balikpapan, Makassar, Manado, Ambon, Ternate, Biak, Timika, Jayapura, dan beberapa tempat lain yang mungkin aku lupa sebutkan, hahaha…
Kalau luar negeri, baru regional dan internasional yang dekat2, karena aku baru belajar dan punya license untuk pesawat Boeing 737-500 / 300 / 800NG saja. Tempat yang sudah aku jelajahi lumayan banyak dan menyenangkan, Singapura, Kuala Lumpur, Bangkok, Hongkong, Taipei (tapi sekarang GA sudah gak ada pernerbangan kesana), Perth, Brisbane.

Beberapa bulan lalu aku sekolah pesawat besar untuk terbang ke negara-negara yang lebih jauh. Doakan ya dalam beberapa waktu dapat jadwal ujian dan dapat license untuk terbang ke tempat2 lain.
Vita dan rekan kerjanya di Perth.

Vita dan rekan kerjanya di Perth.

Saat menjadi Pramugari, pengalaman apa yang paling berkesan? 
Kalau selama terbang, pengalaman yang berkesan di pesawat banyak banget. Mulai dari anak berkemampuan lebih (Autis-red) yang ketakutan di pesawat, didoain oma-oma, digodain penumpang, dikasih uang segepok sama penumpang, banyak banget pengalaman-pengalaman baik yang bikin hati seneng maupun yang bikin bete.

vita di Pantai Salamadaha

vita di Pantai Salamadaha

Biasanya setelah terbang kan menginap di sebuah kota yang disingahi. kamu biasanya ngapain di moment tersebut?
Biasanya kalau waktu singgahnya cukup panjang, aku ajak teman2 keluar ke tempat wisata yang khas di kota tersebut. Tapi, kalau waktunya terbatas, biasanya aku cari makanan yang recommended, hehehe.. Aku bersyukur udah rasain mie Aceh di Aceh langsung, sate Padang asli Padang, daging Se’i di Kupang, bakso Nyuk Nyang dan coto di Makassar, cakalang di Manado, dan masih banyak lagi.
vita dan rekan kerja di bandara Merauke
Tempat yang paling ingin kamu kunjungi itu dimana sih?
Untuk sekarang, tempat yang paling aku pengen kunjungin adalah Bunaken. Sampai sekarang belum kesampaian dapet jadwal yang waktu singgahnya panjang di Manado. Pengen banget ngerasain indahnya bawah laut Bunaken.
Vita di Gold Coast, Brisbane.

Vita di Gold Coast, Brisbane.

Apa pendapat kamu tentang tempat traveling di Indonesia? Harapan kamu untuk travel di Indonesia seperti apa?
Tempat travelling atau tempat wisata di Indonesia tuh bagus banget. Bagus banget. Kaya banget. Indah banget. Sayangnya banyak yang gak terawat. Banyak fasilitas yang kurang memadai. Banyak yang gak peduli akan kebersihan. Bahkan yang lebih memprihatinkan, orang Indonesia sendiri banyak yang gak tahu kalau ada tempat wisata yang bagus di Indonesia.
Harapanku, semoga orang Indonesia, kita, aku dan kamu, lebih menghargai kekayaan alam negeri kita. Gak kalah bagus kok negeri kita sama negeri sebelah. Dan hargai jugalah fasilitas yang diberikan tempat2 wisata, jangan dirusak ya. Biar dari tempat2 wisata yang bagus dan indah bisa mencerminkan orang kita di mata dunia.
Oh ya, satu lagi. Harapanku semoga profesiku tidak dianggap sebelah mata.
1 kata untuk ngobroltravel.com
Enlightening.

Vita dengan seragam kebesarannya, sebagai Pramugari airlines Garuda Indonesia

Vita dengan seragam kebesarannya, sebagai Pramugari airlines Garuda Indonesia

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s