Ronald: Berharap ada REVOLUSI mental untuk Travel Indonesia

Sosok yang satu ini jam terbang travelingnya juga sudah cukup tinggi, waktu liburannya dihabiskan untuk mengunjungi tempat wisata, baik di Eropa, Asia maupun di Indonesia. Sosok itu adalah Ronald Airlangga. simak wawancara serunya disini
Ronald berdiri di atas peta Indonesia, Paris, Perancis

Ronald berdiri di atas peta Indonesia, Paris, Perancis

Kamu suka traveling sejak kapan sih?
Sebenernya sih pas kecil udah traveling sesekali sama orang tua. Tapi baru pas tahun 2011 aku mulai niat pergi sendiri dan pingin coba ke tempat yang jauh skalian, yang bener-bener beda dari Indonesia. Waktu itu ada teman yang lagi kerja di London, jadi akhirnya aku ke sana.
Ronald sedang di Melbourne, Australia

Ronald sedang di Melbourne, Australia

Apa alasan kamu suka traveling?
Selain faktor-faktor yang pasti seperti menambah pengalaman, bisa menyaksikan lokasi-lokasi indah, kenal orang-orang baru, dll pada akhirnya yang paling aku suka adalah, a journey brings us face to face with ourselves. Kamu baru bisa melihat diri kamu yang sebenarnya saat kamu berada di luar habitat sehari-hari kamu. Bagaimana kamu bereaksi, bagaimana kamu menyikapi, serta bagaimana kamu menyesuaikan diri ketika dihadapkan pada sebuah perbedaan peraturan dan budaya, disitulah kamu bisa mengukur kualitas diri kamu yang sebenarnya.
Ronald sedang di Paris, Perancis

Ronald sedang di Paris, Perancis

Biasanya kalo traveling kamu suka yang travel kemana? apakah pantai, gunung atau city traveling?
Semuanya suka. Kota, pantai, gunung. Tergantung mood-nya aja lagi pengen kemana.
Tempat yang paling ingin kamu kunjungi itu dimana sih?
Tentu kalo memang bisa aku pingin kunjungi semua tempat. Tapi tempat yang akan selalu aku sambangi adalah Paris. Karena aku penulis, dan Paris adalah kota dimana para penulis, sutradara, serta filsuf ternama sering berkumpul pada zaman keemasannya. Jadi yah, suka aja gitu, berada di sebuah tempat yang dulunya dihuni orang-orang besar “sealiran”.
Ronald sedang liburan didalam negeri, Jogja

Ronald sedang liburan didalam negeri, Jogja

Apa pendapat kamu tentang tempat traveling di Indonesia?
Indonesia itu ga ada abisnya deh kalo ngomongin tempat traveling. Kalo mau pake istilah kekinian, ga nyantai bagusnya. Cita-citaku mau ke Derawan sama Raja Ampat abis ini. Dan satu hal yang juara banget itu adalah kulinernya. Orang-orang yang pernah agak lama tinggal di negara lain pasti setuju: Nothing beats Indonesia when it comes to food. Aku pernah sakaw nasi Padang pas di kereta dari Roma menuju Lucerne karena eneg makan roti disusun-susun tiap hari.
Ronald di Maya Bay, Phi Phi Island, Thailand

Ronald di Maya Bay, Phi Phi Island, Thailand

Harapan kamu untuk travel di Indonesia seperti apa?
REVOLUSI MENTAL. Alamnya serta objek wisatanya udah bagus sekali. Tergantung manusianya aja sekarang. Manusianya berarti pengelolanya dan pengunjungnya. Pengelolanya harus bisa maintain kualitas dari objek wisatanya, pengunjungnya harus bisa lebih behave. Jangan buang sampah sembarangan. Tahu situasi dan konteks sebuah objek wisata. Aku pernah lihat turis Indonesia berdiri-diri di atas stupa Borobudur buat foto-foto, trus ninggalin botol-botol air mineral. Turis-turis asingnya malah lebih menghargai.
Ronald sedang di Lucerne, Switzerland

Ronald sedang di Lucerne, Switzerland

1 kata untuk ngobroltravel.com
Laper
Iklan

One response to “Ronald: Berharap ada REVOLUSI mental untuk Travel Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s